Rabu, 04 Juni 2014

LAPORAN ILMIAH DAN CONTOHNYA

PENGERTIAN

Laporan ilmiah ialah karya tulis ilmiah yang dibuat oleh seseorang atau sekelompok orang yang berhubungan secara struktural atau kedinasan setelah melaksanakan tugas yang diberikan. Laporan ilmiah dibuat sebagai bukti pertanggungjawaban bawahan/petugas atau tim/panitia kepada atasannya atas pelaksanaan tugas yang diberikan. Laporan ilmiah harus memuat data yang tepat dan benar serta objektif dan sistematis sehingga dapat dijadikan ukuran untuk membuat pertimbangan dan keputusan.
Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan tentang laporan ilmiah.
1. Kegiatan menulis laporan ilmiah merupakan kegiatan utama terakhir dari suatu
kegiatan ilmiah.
2. Laporan ilmiah mengemukakan permasalahan yang ditulis secara benar, jelas, terperinci, dan ringkas.
3. Laporan ilmiah merupakan media yang baik untuk berkomunikasi di lingkungan akademisi atau sesama ilmuwan.
4. Laporan ilmiah merupakan suatu dokumen tentang kegiatan ilmiah dalam memecahkan masalah secara jujur, jelas, dan tepat tentang prosedur, alat, hasil temuan, serta implikasinya.
5. Laporan ilmiah dapat digunakan sebagai acuan bagi ilmuwan lain sehingga syarat-syarat tulisan ilmiah berlaku juga untuk laporan.
6. Laporan ilmiah, umumnya, mempunyai garis besar isi (outline) yang berbeda-beda, bergantung dari bidang yang dikaji dan pembaca laporan tersebut. Namun, umumnya, isi laporan terdiri atas tiga bagian, yaitu pendahuluan, isi, dan penutup.

SISTEMATIKA LAPORAN ILMIAH

Laporan ilmiah dapat berbentuk naskah atau buku karena berisi halhal yang terperinci berkaitan dengan data-data yang akurat dan lengkap. Laporan ilmiah atau laporan formal terdiri atas :

Bagian awal, terdiri atas :
· Halaman judul: judul, maksud, tujuan penulisan, identitas penulis, instansi asal, kota penyusunan, dan tahun
·  Halaman pengesahan (jika perlu)
·  Halaman motto/semboyan (jika perlu)
·  Halaman persembahan (jika perlu)
·  Prakata;
·  Daftar isi;
·  Daftar tabel (jika ada)
·  Daftar grafik (jika ada)
·  Daftar gambar (jika ada)
·  Abstak : uraian singkat tentang isi laporan

Bagian Isi, terdiri atas:
·  Bab I Pendahuluan berisi tentang: Latar belakang, Identitas masalah, Pembatasan masalah, Rumusan masalah, Tujuan dan manfaat
·  Bab II : Kajian Pustaka
·  Bab III : Metode
·  Bab IV : Pembahasan
·  Bab V : Penutup

Bagian Akhir, terdiri atas
·  Daftar Pustaka
·  Daftar Lampiran
·  Indeks : Daftar istilah

SYARAT LAPORAN ILMIAH

Suatu karya dapat dikatakan ilmiah jika memenuhi syarat sebagai berikut :

1. Penulisannya berdasarkan hasil penelitian, disertai

 pemecahannya

2. Pembahasan masalah yang dikemukakan harus obyektif

 sesuai realita/ fakta

3. Tulisan harus lengkap dan jelas sesuai dengan kaidah 

bahasa, Pedoman Umum

4. Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan (EYD), 

serta Pedoman Umum Pembentukan Istilah (PUPI)

5. Tulisan disusun dengan metode tertentu

6. Tulisan disusun menurut sistem tertentu

7. Bahasanya harus lengkap, terperinci, teratur, ringkas,

 tepat, dan cermat sehingga tidak terbuka kemungkinan

 adanya ambiguitas, ketaksaan, maupun kerancuan.


CIRI-CIRI LAPORAN ILMIAH

Menurut Mukayat Brotowidjojo

·   Pembacanya tertentu
·   Berupa laporan panjang
·   Sangat objektif
·   Bahasa dan nada formal
·   Perencanaan mantik

Dalam rumusan lain :

·   Ditujukan kepada pembaca tertentu
·   Sistematika laporan disesuaikan dengan pemberi perintah
·   Bahasanya formal
·   Memperhatikan kaidah-kaidah ilmiah
·   Objektif

LANGKAH-LANGKAH PENULISAN 
LAPORAN ILMIAH

Agar dapat menyusun laporan yang baik dan efektif, perlu dipersiapkan dengan matang. Hal-hal yang perlu dilakukan adalah seperti berikut :

1. Menetapkan tujuan laporan Pembuat laporan harus tahu, untuk apa laporan dibuat dan siapa yang akan membaca laporan tersebut.
2. Menentukan Bahan Laporan Bahan-bahan laporan yang dapat digunakan adalah:
(1) surat-surat keputusan
(2) notulen hasil rapat
(3) buku-buku pedoman
(4) hasil kegiatan
(5) hasil penelitian
(6) hasil diskusi
3. Menentukan cara penngumpulan data Cara pengumpulan data yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut.
(1) Membuat petunjuk pelaksanaan bagi peneliti yang menjelaskan sasaran dan penyesuaian kegiatan
(2) Melakukan wawancara
(3) Mengumpulkan dokumen pelaksanaan kegiatan
(4) Penyusunan daftar pengecekkan untuk melihat data yang ada dan yang tidak ada.
4. Mengevaluasi Data Data yang telah dikumpulkan dievaluasi untuk dibuat suatu simpulan.
5. Membuat Kerangka Laporan Kerangka laporan dibuat sesuai dengan sistematika laporan.

CONTOH LAPORAN ILMIAH SEDERHANA

PENGARUH INTERNET PADA REMAJA
BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang

Perkembangan internet  yang sangat pesat, membawa pengaruh yang sangat besar dalam perkembangan peradaban manusia khususnya di abad ke-21 ini. Semakin banyaknya teknologi yang ditemukan dari hari ke hari.

Internet adalah suatu jaringan internasional  yang menghubungkan semua komputer di seluruh dunia. Agar satu komputer dan komputer lainnya dapat terhubung maka diperlukan jaringan telepon (baik kabel maupun elektromagnetik).  Agar internet dapat dipergunakan dengan sempurna maka diperlukan berbagai dukungan baik itu software, hardware, brainware (pengguna). Banyak ISP (Internet Service Provider) yang menawarkan jasa internet di Indonesia misalnya telkom. ISP adalah suatu pusat atau server yang menjadi pusat untuk membagi jaringan ke komputer – komputer yang ingin terhubung ke internet.

Pada tahun 1999, jumlah komputer yang telah dihubungkan dengan internet di seluruh dunia mencapai lebih dari 40 juta dan jumlah ini terus bertambah setiap hari. Saat ini jumlah situs web mencapai jutaan, bahkan mungkin trilyunan, isinya memuat bermacam-macam topik dan pembahasan. Tentu saja, situs-situs itu menjadi sumber informasi baik yang positif ataupun negatif. Informasi dikatakan positif apabila bermanfaat untuk penelitiaan. Tapi banyak masyarakat khususnya pelajar yang memanfaatkan adanya internet ke hal – hal yang negatif. Di bawah ini akan dijelaskan dampak  - dampak positif maupun negatif dari penggunaan internet.


B.      Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang diatas maka kami temukan permasalahan sebagai berikut :
-          Apa dampak penggunaan internet ?
-          Bagaiman cara memanfaatkan teknologi sehingga terhindar dari dampak negatifnya ?

C.      Tujuan

Tujuan penulisan karya ilmiah ini agar pembaca dapat :  
-          Menganalisa dampak penggunaan internet
-          Mengambil alternatif / langkah untuk  menangani dampak negatif penggunaan internet. 


BAB II
PEMBAHASAN


A.      Dampak Positif Penggunaan Internet
Peran internet sangat banyak membantu manusia dalam segala aspek kehidupan. Sehingga internet mempunyai fungsi yang penuh dalam kehidupan bermasyarakat. Dengan adanya internet apapun dapat kita lakukan, kita tidak perlu menuju ke tempat yang jauh hanya untuk memesan suatu barang, cukup dengan mengirim e-mail kita dapat langsung menerima barang pesanan kita dan cukup membayarnya dengan kartu atm yang juga mudah.
Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya di seluruh dunia. Media pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup,ftp, http dan www (world wide web) para pengguna internet diseluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan murah dan cepat. Selain itu peran internet sebagai jejaring sosial misalnya (facebook, twitter, blogger dll) memberikan dampak positif selain mempermudah komunikasi, menambah teman serta dapat bertukar informasi dengan grup atau teman yang diluar kota.
Selain hal tersebut juga beberapa dampak positif dari penggunaan internet bagi para siswa adalah :
-          Munculnya media massa online, sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan. Dampak dari hal ini adalah guru bukannya satu-satunya sumber ilmu pengetahuan.
-          Terciptanya suatu wadah untuk menampung aspirasi para pelajar sehingga dapat melakukan diskusi online tanpa harus bertemu secara langsung dengan rekan pelajar diluar kota.
-          Munculnya metode – metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi terciptalah metode - metode baru yang  membuat siswa mampu memahami materi-materi yang kurang cepat terserap oleh para siswa.
-          Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka. Dengan kemajuan teknologi proses pembelajaran tidak harus mempertemukan siswa dengan guru, tetapi bisa juga menggunakan jasa pos internet dan lain-lain.
-          Sistem pembelajaran interaktif yang dapat disajikan oleh internet memberikan semangat daan motivasi kepada siswa untuk berlajar dan mengetahui informasi yang sulit ditemukan disekolah.

B.      Dampak Negatif Penggunaan Internet
1.        Pornografi
Salah satu penyalahgunaan negatif terbesar dari penggunaan internet dikalangan remaja adalah pornografi, dimana para remaja / pelajar ini sedang beralih ke masa dewasa dengan selalu munculnya rasa penasaran di dalam diri akan hal – hal yang baru. Peran internet yang menyediakan gambar – gambar, dan video – video pornografi dan kekerasan yang mengakibatkan munculnya dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal. Dengan munculnya jaringan internet yang mempermudah manusia dalam mengakses informasi secara cepat, pornografi pun ikut merajalela. Membuat para pengguna kecanduan adalah hal yang menjadi prinsipnya sehingga para pengguna pun menghabiskan uang hanya untuk melayani kecanduan tersebut.  Untuk mengantisipasi hal tersebut, tidak sedikit  para penyelenggara jasa internet melakukan pemblokiran jaringan untuk hal – hal yang berabau pornografi.

2.       Perjudian  
Banyaknya kegiatan yang dapat dilakukan di internet membuat orang lain selalu penasaran hal apa saja yang dapat dilakukan, sehingga terciptalah suatu kegiatan baik itu yang positif maupun yang negatif. Banyak diantara manusia yang pandai berinteraksi dengan internet menciptakan suatu keigatan yang menyimpang di internet, contohnya perjudian. Fasilitas ini merupakan peluang bagi para penjudi untuk lebih mudah melakukan aksinya. Tak perlu ke suatu tempat, cukup dikamar saja dengan laptop / computer yang menemani dengan adanya jaringan mempermudah interaksi untuk melakukan tindakan tersebut.

3.       Hacking dan cracking
Merupakan tindakan memasuki suatu jaringan tertentu dengan maksud mengubah, merusak bahkan menghapus data orang lain. Hal ini sangat merugikan perusahaan yang datanya dihancurkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

4.       Penipuan
Berbagai macam cara yang dilakukan pemilik situs untuk menarik pengunjung sehingga berkunjung di bloknya. Hal ini memang merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput dariserangan penipu. Cara yang terbaik untuk menghindari hal tersebut adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang Anda dapatkan pada penyedia informasi tersebut. Dengan begitu, penipu tidak akan menggangu pengguna yang tidak memperdulikannya.

5.       Mengurangi sifat sosial
Mengurangi sifat sosial manusia karena cenderung lebih suka berhubungan lewat internet dari pada bertemu secara langsung (face to face). Dari sifat sosial yang berubah dapat mengakibatkan perubahan pola masyarakat dalam berinteraksi. Membuat manusia jarang bergaul dan menjadi orang penyendiri. Kurang komunikasi dengan lingkungan, menghabiskan banyak uang, dan mengurangi waktu belajar.

6.       Pengaruh jejaring sosial
Akhir – akhir ini terjadi lagi maraknya kasus penculikan yang umumnya dilakukan oleh remaja laki – laki yang membawa kabur remaja perempuan melalui perkenalan di jejaring sosial (facebook).  Selain itu jejaring sosial (facebook) juga dijadikan ajang bergengsi – gengsian dikalangan remaja, katanya kalau tidak punya (facebook) tidak gaul, dan masih banyak lagi. Pengaruh jejaring sosial ini juga memberikan dampak yang buruk pada minat belajar siswa.
Para siswa yang sudah kecanduan (facebook) menjadi banyak menghabiskan waktu dengan hal tersebut dibanding dengan belajar atau mengulangi pelajaran dirumah. Bukan hanya dirumah, bahkan disekolah, guru yang tidak mengawasi siswanya dalam penggunaan handphoneyang pada jaman sekarang ini sudah memberikan aplikasi untuk berinternet juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk kembali berinteraksi dengan (facebooknya), selain itupenggunaan jaringan disekolah pun mengakibatkan siswa menjadi lebih leluasa untuk berekpresi ke jejaring sosial dalam hal yang kurang baik

BAB III
PENUTUP

 A.      KESIMPULAN
Teknologi yang kian hari semakin berkembang mulai dari awal kehidupan sampai sekarang ini semakin tak bisa terpisahkan dari kehidupan umat manusia.
Penggunaan internet sebagai media pendukung dalam melakukan berbagai aktifitas semoga dapat dimanfaatkan kearah yang positif. Semoga dengan tersusunya karya ilmiah sederhana ini dapat memacu para pembaca untuk menghindari hal – hal yang kurang baik dari terciptanya internet itu sendiri. Dan dapat memanfaatkan internet dengan pengetahuan yang  telah didapatkan  dari karya ilmiah ini ke arah yang lebih baik lagi.
Dengan kajian internet yang lebih baik juga dapat memberikan konstribusi yang baik bagi para tenaga pendidik memberikan dan menyampaikan materi pembelajaran dengan baik dan lebih jelas.
Peran dari internet terhadap peradaban dan kesejahteraan manusia. Namun manusia juga tidak dapat menghindari hal – hal yang merupakan dampak negatif yang mendatangkan malapetaka dan kesengsaraan bagi manusia.

B.      SARAN
Kepada para pembaca agar selalu menjaga dan membentengi diri dengan tameng yang kuat serta kokoh untuk melindungi diri dari munculnya teknologi modern yang semakin hari semakin berkembang ini. Memberikan siraman – siraman rohani agar moral dapat selalu terpupuk untuk melakukan hal – hal yang postif dan menghindari hal – hal yang negatif.  Serta selalu berpikir positif agar hidup kita pun selalu mengarah ke hal yang positif.

Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar