Selasa, 03 Juni 2014

RESENSI NOVEL : CHARLIE SI JENIUS DUNGU





IDENTITAS BUKU

Judul Buku  :
Charlie Si Jenius Dungu
Penulis  :
Daniel Keyes
Penerjemah  :
Isma B. Koesalamwardi
Penyunting  :
Dewi Kartika Teguh Wati
Pewajah Sampul  :
Ufukreatif Design
Pewajah Isi  :
Abd.  Bahar
Redaksi  :
Jl.  Warga 23A, Pejanten Barat, Pasar Minggu, Jakarta Selatan
Cetakan I  :
Maret 2009
Tebal
457 hal

KEPENGARANGAN :
 

Daniel Keyes dilahirkan di Brocklyn, New York, penulis 8 buku yang telah diterjemahkan ke berbagai bahasa, salah satunya The Minds of Billy Milligan.  Beliau telah muncul di acara The Today Show, 20/20, Sonya, dan Larry King Live, mengajar di lebih dari enam puluh universitas, serta menerima gelar B.A dan M.A  dari Brocklyn Collage.  Seorang profesor yang telah pensiun dengan terhormat di Ohio University.

SINOPSIS  :

Charlie, seorang penyapu lantai, terlahir dengan IQ 68 dan selalu jadi bahan olok–olok teman-temannya, hingga suatu saat eksperimen yang dimaksudkan untuk meningkatkan kecerdasan manusia mengubahnya menjadi seorang jenius.
Tapi kemudian, Algernoon, seekor tikus yang sebelumnya sukses melalui eksperimen yang sama, mengalami kemunduran kecerdasan secara dramatis dan akhirnya mati.  Akankah hal yang sama terjadi pada Charlie ?

“Menghangatkan jiwa Anda bagai secangkir kopi panas di musim dingin.”
-          Epinoimo.com

“Sebuah contoh fiksi yang menggunakan hipotesis meyakinkan untuk menjelajahi topik moral.”
-          The Times Literary Supplement

Buku ini menceritakan tentang perjalanan hidup seorang pria bernama Charlie yang terlahir dengan IQ 68 yang terbuang dari keluargannya hingga akhirnya Ia diasuh oleh seorang pemilik toko roti bernama Paman Doner dan memperkerjakannya disana. “Aku ingin menjadi pandai Miss Kinnian, Aku ingin Ibu bangga padaku” aku Charlie.  Hingga pada suatu hari seorang dokter dan profesor yang pernah melakukan percobaan mengoperasi seekor tikus hingga menjadi tikus jenius bernama Algernoon enawarkan Charlie untuk melakukan operasi serupa hingga ia bisa menjadi jenius.  Akhirnya operasi berjalan lancar dan dengan keseriusan dan kerja kerasnya dalam mempelajari segala hal, Charlie si dungu berubah menjadi Charlie si Jenius.  Hingga akhirnya kejeniusan yang dimilikinnya perlahan menghilang dan Charlie pun kembali menjadi Charlie di pria dungu yang baik dan polos.  Dengan kembalinya Charlie seperti yang dulu menyadarkan Charlie bahwa Ia lwbih baik menjadi Charlie seperti ini dimana hidupnya terasa tenang.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN

Kelebihan Novel :

·         Bahasa yang digunakan sederhana sehingga mudah untuk dipahami.
·         Banyak hikmah dan pelajaran yang dapat diambil didalamnya.
·         Alur cerita dalam novel tersebut sangat berhasil memainkan emosi pembaca sehingga pesan dapat tersampaikan dengan baik.

Kekurangan Novel :


·         Hampir tidak ditemukan kekurangan dla novel ini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar