Jumat, 04 April 2014

PEMAKAIAN METODE ILMIAH UNTUK MENJAWAB PERTANYAAN-PERNTANYAAN ILMIAH

Metode ilmiah atau proses ilmiah merupakan proses keilmuan untuk memperoleh pengetahuan secara sistematis berdasarkan bukti fisis.  Ilmuwan melakukan pengamatan serta membentuk hipotesis dalam usahanya menjelaskan fenomena alam.  Prediksi yang dibuat berdasarkan hipotesis tersebut diuji dengan me;alilam esperimen.  Jika suatu hipotesis lolos uji berkali-kali. Maka hipotesis tersebut dapat menjadi suatu teori ilmiah.

Unsur utama Metode Ilmiah :
      - Karakterisasi (pengamatan dan pengukuran)
   - Hipotesis (penjelasan teoritis yang merupakan                dugaan atas hasil penamatan dan pengukuran)
   - Prediksi (deduksi logis dari hipotesis)
   -  Eksperimen (pegujian atas semua hal diatas)


Karakteristik Metode Ilmiah

Secara umum terdapat empat karakteristik penelitian ilmiah :
Sistematik. Berarti suatu penelitian harus disusun dan dilaksanakan secara berurutan sesuai pola dan kaidan yang benar, dari yang mudah dan sederhana sampai yang kompleks.

Logis.  Suatu penelitian dikatakan benar bila dapat diterima akal dan berdasarkan fakta empirik.  Pencarian kebenaran harus berlangsung menurut prosedur atau kaidah bekerjanya akal yaitu logika.  Prosedur penalaran yang dipakai bisa dengan prosedur induktif yaitu cara berpikir untuk menarik kesimpulan umum dari berbagai kasus individual (khusus), atau prosedur deduktif yaitu cara berpikir untuk menarik kesimpulan yang bersifat khusus dari pernyataan yang bersifat umum.

Empirik.  Artinya suatupenelitian yang didasarkan pada pengalaman sehari-hari, yang ditemukan atu melalui hasil coba-coba yang kemudian diangkat sebagai hasil penelitian.  Landasan empirik ada tiga yaitu :
  • ·   Hal-hal empirik selalu memiliki persamaan dan perbedaan (ada penggolongan atau perbandingan satu sama lain)
  • ·   Hal-hal empirik selalu berubah-ubah sesuai dengan waktu.
  • ·    Hal-hal empirik tidak bisa secara kebetulan, melainkan ada penyebabnya.

Replikatif.  Artinya suatu penelitian yang pernah dilakukan harus diuji kembali oleh peneliti lain dan harus memberikan hasil yang sama bila dilakukan dengan operasional variabel menjadi langkah penting bagi seorang peneliti.

Langkah-Langkah Metode Ilmiah

Ø  Karakterisasi ( Observasi dan Pengukuran)
Ø  Hipotesis
Ø  Melakukan eksperimen
Ø  Menyimpulkan hasil ekperimen

Berdasarkan penjabaran singkat diatas, maka dapat disimpulkan bahwa metode ilmiah merupakan proses keilmuan secara sistematis untuk memperoleh jawaban dari suatu penelitian atau objek untuk memperoleh pengetahuan yang bisa dipertanggung jawabkan dan dibuktikan keabsahannya.

Referensi :
Hadi27.Metode Ilmiah dan Langkah-Langkahnya.Dalam : http://hadi27.wordpress.com/metode-ilmiah-dan-langkah-langkahnya/
Nurfajriah, Sheily.2013.Pengertian, Karkteristik, dan Langkah-langkah Metode Ilmiah. Dalam : http://sheilynurfajriah.blogspot.com/2013/04/pengertian-karakteristik-dan-langkah.html
Nurwari, Vita Fai.2014.Teori-Teori yang Berhubungan dengan Metode Ilmiah dan Sikap Ilmiah. Dalam : http://vitafainurwari.blogspot.com/2014/04/teori-teori-yang-berhubungan-dengan.html






Tidak ada komentar:

Posting Komentar