A. Pengertian
Kali ini, saya akan mencoba membahas
mengenai Perilaku Konsumen. Dalam dunia
bisnis, khususnya di bidang pemasaran, pemahaman mengenai perilaku konsumen
sangatlah penting. Menurut Engel, et al
(1994), perilaku konsumen adalah suatu tindakan yang langsung terlibat dalam
mendapatkan, mengkonsumsi, dan menghabiskan produk dan jasa, termasui keputusan
mendahului dan menyusuli tindakan ini. Terdapat
dua elemen penting dari arti perilaku konsumen, yaitu : proses pengambilan
keputusan, serta kegiatan fisik yang melibatkan individu dalam menilai,
mendapatkan, dan menggunakan barang dan jasa ekonomis.
Sementara itu, pengertian dari Perilaku
Konsumen sendiri adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan
dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk
dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan.
Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen uuntuk
membuat keputusan pembelian.
B. Pemikiran yang Benar Mengenai
Konsumen
Konsumen adalah seseorang atau sekelompok prang uang membeli
suatu produk untuk dipakai sendiri ataupun untuk dijual kembali. Konsumen dapat merupakan seorang individu
atau organisasi, mereka memiliki peran yang berbeda dalam perilaku konsumsi,
mereka berperan sebagai intiator, buyer, payer, dan user. Oleh karena itu, sebagai produsen yang memiliki
prinsip holistic marketing adalah seharusnya memperhatikan dengan baik, apa
yang seharusnya menjadi hak-hak bagi konsumen. Ada beberapa hal yang harus
diperhatikan mengenai konsumen, diantaranya :
-
Konsumen
adalah raja
-
Motivasi
dan perilaku konsumen dapat dimengerti melalui penelitian
-
Perilaku
konsumen dapat dipengaruhi melalui kegiatan persuasive
-
Bujukan
dan pengaruh konsumen memiliki hasil yang menguntungkan secara social.
C. Penelitian Konsumen Sebagai Suatu Bidang yang Diamis
Perilaku konsumen dikatakan dinamis
karena proses berpikir, merasakan, dan aksi dari setiap konsumen, kelompok
konsumen selalu berubah secara konstan. Sifat
yang dinamis demikian menyebabkan pengembangan strategi pemasaran menjadi
sangat menantang sekaligus sulit. Suatu strategi
dapat berhasil pada suatu saat dan tempat tertentu, tetapi gagal pada saat dan
tempat lain. Karena itu, suatu
perusahaan harus senantiasa melakukan inivasi – inovasi secara berkala untuk
meraih konsumennya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar