·
Pengertian Segmentasi Pasar
Pengertian
segmentasi pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok –
kelompok pembeli yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang
berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda.
·
Manfaat
dan Kelemahan Segmentasi Pasar
Banyak perusahaan yang melakukan segmentasi pasar
atas dasar pengelompokkan variable tertentu. Dapat dikatakan bahwa dengan
mensegmentasikan pasar, perusahaan mempunyai motivasi untuk mempertahankan dan
meningkatkan tingkat penjualan, dan agar operasi perusahaan dalam jangka
[anjang dapat berkelanjutan dan kompetitif.
Manfaat lain dari segmentasi pasar adlah :
-
Perusahaan akan dapat mendeteksi secara dini dan
tepat mengenai kecenderungan dalam pasar yang senantiasa berubah.
-
Dapat mendesign produk yang benar-benar sesuai
dengan permintaan pasar.
-
Dapat menentukan kampanye dan periklanan yang paling efektif.
-
Dapat mengarahkan dana promosi yang tersedia melalui
media yang tepat bagi segmen pasar yang diperkirakan akan menghasilkan
keuntungan yang lebih besar.
-
Dapat digunakan untuk mengukur usaha promosi sesuai
dengan masa atau periode – periode dimana reaksi pasar cukup besar.
·
Syarat
Segmentasi Pasar
Ada beberapa syarat segmentasi pasar yang efektir,
yaitu :
-
Dapat diukur
-
Dapat dicapai
-
Cukup besar atau cukup menguntungkan
-
Dapat dibedakan
-
Dapat dilaksanakan
·
Analisis Demografi
Segmentasi demografi adalah
cara segmentasi yang paling popular sebagai dasar untuk membagi kelompok
pelanggan. Pada umumnya, pelanggan
memiliki keterkaitan erat dengan variable – variable demograsi seperti
pendapatan dan usia. Segmentasi demografi terdiri dari membagi pasar ke dalam
kelompok berdasarkan variable seperti berikut :
-
Umur
-
Tahap siklus
hidup
-
Gender
-
Penghasilan
-
Kelas social
-
Gaya hidup
Data demografi
dapat digunakan untuk mengidentifikasikan karateristik populasi untuk
menentukan siapa pelanggan potensial, dan menentukan area geografis dimana
mereka menetap. Informasi ini dapat
digunakan untuk usaha pemasaran produk/jasa, bagaimana mengiklankannya, serta bagaimana
perilaku pembelian mereka. Data ini
umumnya digunakan oleh bisnis untuk mengidentifikasikan target pasar bagi
barang dan jasa mereka.
Referensi
:
-
Modul universitas terbuka tahun 1999
- http://ayankvoice.wordpress.com/2012/10/14/segmentasi-pasar-dan-analisis-demografi/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar