Jumat, 11 Oktober 2013

SEGMENTASI PASAR DAN ANALISIS DEMOGRAFI

·         Pengertian Segmentasi Pasar

      Pengertian segmentasi pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok – kelompok pembeli yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda.

·         Manfaat dan Kelemahan Segmentasi Pasar

      Banyak perusahaan yang melakukan segmentasi pasar atas dasar pengelompokkan variable tertentu. Dapat dikatakan bahwa dengan mensegmentasikan pasar, perusahaan mempunyai motivasi untuk mempertahankan dan meningkatkan tingkat penjualan, dan agar operasi perusahaan dalam jangka [anjang dapat berkelanjutan dan kompetitif. 
Manfaat lain dari segmentasi pasar adlah :
-          Perusahaan akan dapat mendeteksi secara dini dan tepat mengenai kecenderungan dalam pasar yang senantiasa berubah.
-          Dapat mendesign produk yang benar-benar sesuai dengan permintaan pasar.
-          Dapat menentukan kampanye dan periklanan yang  paling efektif.
-          Dapat mengarahkan dana promosi yang tersedia melalui media yang tepat bagi segmen pasar yang diperkirakan akan menghasilkan keuntungan yang lebih besar.
-          Dapat digunakan untuk mengukur usaha promosi sesuai dengan masa atau periode – periode dimana reaksi pasar cukup besar.

·         Syarat Segmentasi Pasar

Ada beberapa syarat segmentasi pasar yang efektir, yaitu :
-          Dapat diukur
-          Dapat dicapai
-          Cukup besar atau cukup menguntungkan
-          Dapat dibedakan
-          Dapat dilaksanakan

·         Analisis Demografi

Segmentasi demografi adalah cara segmentasi yang paling popular sebagai dasar untuk membagi kelompok pelanggan.  Pada umumnya, pelanggan memiliki keterkaitan erat dengan variable – variable demograsi seperti pendapatan dan usia. Segmentasi demografi terdiri dari membagi pasar ke dalam kelompok berdasarkan variable seperti berikut :
-          Umur
-          Tahap siklus hidup
-          Gender
-          Penghasilan
-          Kelas social
-          Gaya hidup
Data demografi dapat digunakan untuk mengidentifikasikan karateristik populasi untuk menentukan siapa pelanggan potensial, dan menentukan area geografis dimana mereka menetap.  Informasi ini dapat digunakan untuk usaha pemasaran produk/jasa, bagaimana mengiklankannya, serta bagaimana perilaku pembelian mereka.  Data ini umumnya digunakan oleh bisnis untuk mengidentifikasikan target pasar bagi barang dan jasa mereka.

Referensi :
-          http://www.wikipedia.com
-          Modul universitas terbuka tahun 1999
-          http://ayankvoice.wordpress.com/2012/10/14/segmentasi-pasar-dan-analisis-demografi/
Bottom of Form

Tidak ada komentar:

Posting Komentar